Akhir-akhir ini banyak sekali produk-produk yang di perkenalkan para pabrikan motor kepada calon konsumen nya entah ini soft launching, premier launching bahkan world launching dan bocoran halus yang di temukan oleh rekan2 blogger otomotif kita.
Disini saya bahas tentang motor yang cukup fenomenal yang dimana penjualan nya terus meningkat dari bulan ke bulan bahkan sampai memakan market share saudara nya sendiri, ya NMAX namanya sebuah gebrakan dari pabrikan YAMAHA dimana pabrikan ini menelurkan sebuah Big Scooter yang futuristis membawa segudang fitur yang dimana Scooter/Matic di tanah air belum memilikinya, sebut saja ABS, Double disk cakram(depan-belakang), speedometer full digital with MID(seperti mobil), Ban besar dan lebar, double rear suspension, dek tidak rata, dll.
Lalu, kenapa produk yang sukses dipasaran malah dikatakan produk GAGAL ?
Dengan seabrek fitur yang dibawa NMAX, ternyata kelemahan nya pun cukup banyak seperti
1. Shock belakang yang cukup keras untuk ukuran MATIC
2. Kualitas body ringkih (tidak tebal)
3. Ukuran velg yang tidak umum (13inch)
4. Komsumsi bensin yang cukup boros untuk ukuran MATIC dan mesin 150cc
5. Kualitas cat
6. Bagian CVT yang sangat berisik (ngorok)
7. Getar yang berlebihan di bagian stang
8. Problem klasik Yamaha (komstir cepat oblak)
9. Dll
Pertama, Shock belakang yang dirasa keras untuk ukuran sebuah MATIC, alih2 memperbaiki masalah ini YAMAHA malah menjual shock versi empuk yang seakan kenyaman bukan sebuah prioritas melainkan pilihan.
Kedua, Kualitas body(bagian plastik) sangat tipis sekali ini berbeda dengan khas Yamaha yang mana setiap produknya menggunakan plastik yang cukup tebal dibangding kompetitornya.
Ketiga, Ukuran velg yang 'nyeleneh' berdampak pada sulitnya menemukan ban aftermarket yang cocok untuk velg 13" ini, kalaupun ada harganya bisa setara dengan velg 17"
Keempat, konsumsi bbm nya cukup boros apabila digunakan untuk kendaraan komuter sehari hari tapi ini berbanding terbalik saat dipakai untuk menempuh jarak jauh(touring)
Kelima, Kualitas cat sangat tipis sekali apalagi untuk varian doff. Ini jelas keluar dari pakem Yamaha yang selalu menggunakan cat tebal dan lebih baik dari kompetitprnya.
Keenam, Bagian CVT sangat mengganggu kenyamanan karena suara nya berisik sekali di banding dengan motor MATIC Yamaha maupun kompetitor lain nya.
Ketujuh, Ini juga problem utama di NMAX ini, entah kenapa motor Yamaha satu ini sangat bergetar sekali di bagian stang, banyak yang menduga Yamaha telah salah rancang di bagian Engine Mouting yang mengakibatkan getaran tidak teredam dengan maksimal.
Kedelapan, problem klasik Yamaha komstir cepat sekali oblak nya
Seperti banyak pecinta otomotif bilang, jangan beli produk pada BACTH PERTAMA karena biasanya , konsumen selalu digunakan kelinci percobaan untuk TEST motor tersebut.
Bukti nya sudah ada bocor halus bahwa TAHUN DEPAN NMAX bakal ada facelift padahal motor ini baru 1 tahun usianya. Bukan tidak mungkin NMAX facelift hadir dengan segala kekurangan BACTH awal yang sudah di perbaiki oleh pabrikan YAMAHA.
4. Komsumsi bensin yang cukup boros untuk ukuran MATIC dan mesin 150cc
5. Kualitas cat
6. Bagian CVT yang sangat berisik (ngorok)
7. Getar yang berlebihan di bagian stang
8. Problem klasik Yamaha (komstir cepat oblak)
9. Dll
Pertama, Shock belakang yang dirasa keras untuk ukuran sebuah MATIC, alih2 memperbaiki masalah ini YAMAHA malah menjual shock versi empuk yang seakan kenyaman bukan sebuah prioritas melainkan pilihan.
Kedua, Kualitas body(bagian plastik) sangat tipis sekali ini berbeda dengan khas Yamaha yang mana setiap produknya menggunakan plastik yang cukup tebal dibangding kompetitornya.
Ketiga, Ukuran velg yang 'nyeleneh' berdampak pada sulitnya menemukan ban aftermarket yang cocok untuk velg 13" ini, kalaupun ada harganya bisa setara dengan velg 17"
Keempat, konsumsi bbm nya cukup boros apabila digunakan untuk kendaraan komuter sehari hari tapi ini berbanding terbalik saat dipakai untuk menempuh jarak jauh(touring)
Kelima, Kualitas cat sangat tipis sekali apalagi untuk varian doff. Ini jelas keluar dari pakem Yamaha yang selalu menggunakan cat tebal dan lebih baik dari kompetitprnya.
Keenam, Bagian CVT sangat mengganggu kenyamanan karena suara nya berisik sekali di banding dengan motor MATIC Yamaha maupun kompetitor lain nya.
Ketujuh, Ini juga problem utama di NMAX ini, entah kenapa motor Yamaha satu ini sangat bergetar sekali di bagian stang, banyak yang menduga Yamaha telah salah rancang di bagian Engine Mouting yang mengakibatkan getaran tidak teredam dengan maksimal.
Kedelapan, problem klasik Yamaha komstir cepat sekali oblak nya
Seperti banyak pecinta otomotif bilang, jangan beli produk pada BACTH PERTAMA karena biasanya , konsumen selalu digunakan kelinci percobaan untuk TEST motor tersebut.
Bukti nya sudah ada bocor halus bahwa TAHUN DEPAN NMAX bakal ada facelift padahal motor ini baru 1 tahun usianya. Bukan tidak mungkin NMAX facelift hadir dengan segala kekurangan BACTH awal yang sudah di perbaiki oleh pabrikan YAMAHA.
Skuter matik bertubuh gambot kini menjadi pilihan bagi masyarakat. Tak hanya dalam kondisi baru, di pasar sepeda motor bekas pun produk tersebut banjir peminat.
ReplyDeleteTak dipungkiri, model yang paling banyak dicari konsumen adalah Yamaha NMAX. Apalagi, kendaraan roda dua itu disebut harga yamaha nmax ketika akan dijual kembali masih terbilang cukup stabil
nmax itu irit lho, saya pakai 160 km cuma 30 ribu, padahal 50% tanjakan.
ReplyDeletelike
ReplyDelete